Kenali 4 Hal yang Bikin Kamar Mandi Sulit Dibersihkan


 


Membersihkan kamar mandi adalah kegiatan perawatan rumah yang harus rutin dilakukan. Sebab, kamar mandi bisa menjadi sarang kuman dan bakteri. Akan tetapi, membersihkan kamar mandi seringkali menjadi pekerjaan yang melelahkan. Apalagi jika ada noda-noda membandel yang sulit dibersihkan meski sudah digosok atau menggunakan cairan pembersih khusus. Dilansir dari Good Housekeeping UK

Berikut 4 hal yang membuat kamar mandi sulit dibersihkan yang perlu Anda ketahui. 


1. Jamur dan lumut


Kurangnya ventilasi merupakan masalah di banyak kamar mandi. Kondisi ini dapat menyebabkan penumpukan jamur hitam yang tidak sedap dipandang dan jamur pada tirai kamar mandi, dinding, lantai, dan nat. Jika Anda memasang tirai shower di kamar mandi, maka rutinlah mencuci tirai tersebut. Caranya, rendam tirai shower di dalam ember berisi air hangat dan deterjen. Cara lain adalah merendam tirai shower di dalam ember berisi air yang telah dicampur cairan pemutih untuk menghilangkan noda jamur. Bila nat di lantai kamar mandi dipenuhi jamur dan lumut, gosok nat yang berubah warna dengan sikat gigi bekas yang dicelupkan ke dalam larutan pemutih dan air dengan perbandingan 1:4. Selain itu, biasakan menggunakan alat pembersih yang terbuat dari karet untuk mengeringkan tirai shower setelah digunakan. 


2. Saluran air mampet 


Permasalahan lain adalah saluran air di lantai kamar mandi kerap mampet. Yang sering dijumpai penyebabnya adalah gumpalan rambut bercampur lumut yang menyumbat saluran air. Sebulan sekali, tuangkan ketel berisi air mendidih ke atas secangkir kristal soda cuci yang disebar di atas saluran air. Ini akan membantu membersihkan jumlah minyak dan sabun, menghilangkan bau, dan membiarkan saluran air mengalir dengan bebas. Jika saluran air sering tersumbat karena rambut, cobalah pasang saringan atau penutup saluran air. Anda juga bisa menuangkan cuka dan bikarbonat di saluran air untuk melarutkan kotoran. Kemudian, lanjutkan pembersihan dengan air panas. Selain itu, jus lemon dapat membantu menghilangkan bau yang menyengat.


3. Kerak putih 


Kerak putih kerap ditemui di keran, shower, keramik, hingga tirai shower di kamar mandi. Kerak ini muncul lantaran terkena air yang mengandung kadar mineral tinggi. Cara membersihkannya, seringlah membersihkan area kamar mandi yang terkena kerak putih dengan cairan pembersih khusus untuk kamar mandi. Cara lain adalah dengan menggunakan cuka putih. Campurkan air dan cuka, kemudian tuang ke dalam botol semprotan. Semprotkan campuran air dan cuka putih tersebut ke area yang terkena kerak putih, lalu bersihkan. Kemudian, untuk membersihkan keran yang terkena kerak putih, jangan gunakan pembersih yang sifatnya abrasif. Untuk menghilangkan endapan kerak putih pada keran, rendam kain ke dalam larutan cuka putih dan air. Bungkus keran dengan kain tersebut, biarkan selama beberapa jam, kemudian lap keran hingga kering. Adapun jika ada kerak putih di kepala shower, bersihkan sebulan sekali dengan pembersih kerak cair dan sikat gigi bekas. Cara lain, lepas kepala shower dan rendam dalam larutan cuka putih dan air selama dua jam. Gunakan jarum untuk menghilangkan kerak yang menyumbat shower. 


4. Noda bekas air 


Seringkali dijumpai noda bekas air pada bak mandi. Jika di rumah Anda terdapat bathtub, kerap minyak dan bath bomb yang dibiarkan mengering bisa sulit dihilangkan. Untuk mengatasi noda bekas air dan kotoran yang menumpuk, semprot noda dengan cairan pembersih kamar mandi, diamkan selama 15 menit. Kemudian, sikat dan bersihkan dengan air. Cara lainnya, jika bak mandi sangat kotor, isi dengan air hangat, tambahkan beberapa sendok bubuk pembersih, dan biarkan terendam semalaman. Kemudian, bilas.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEUNGGULAN KAMI

Layanan Sedot WC Terbaik


HARGA MURAH
Tak perlu merogoh kantong dalam-dalam, kami memberikan jaminan harga termurah dan juga pelayanan yang terbaik.



PROFESIONAL
Para tim SEDOT WC kami merupakan tenaga kerja yang sudah terlatih dan terpercaya dengan pengalaman lebih dari 20 tahun.



ONLINE 24 JAM
SEDOT WC Kami selalu dapat memenuhi kebutuhan Sedot WC Anda. Kami memberikan Order Online layanan 24 jam non-stop.

AREA / WILAYAH

Melayani Sedot WC
Seluruh Area PALEMBANG.

Meliputi :
- Sedot WC Alang-alang Lebar
- Sedot WC Bukit Kecil
- Sedot WC Gandus
- Sedot WC Ilir Barat I
- Sedot WC Ilr Barat II
- Sedot WC Ilir Timur I
- Sedot WC Ilir Timur II
- Sedot WC Ilir Timur III
- Sedot WC Jakabaring
- Sedot WC Kalidoni
- Sedot WC Kemuning
- Sedot WC Kertapati
- Sedot WC Plaju
- Sedot WC Sako
- Sedot WC Seberang Ulu I
- Sedot WC Seberang Ulu II
- Sedot WC Sematang Borang
- Sedot WC Sukarami

Popular

Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Arsip Blog

Recent Posts